Mengenal Ciptaan-Ciptaan dan Penemuan-Penemuan

Share

Tulisan saya kali ini berhubungan dengan ciptaan-ciptaan dan penemuan-penemuan. Entah kenapa saya ingin menulis ini, mungkin pengaruh dari membaca buku-buku mengenai hal tersebut. yang jelas ingin kembali mengingat kerja keras orang-orang zaman dahulu yang pernah menemukan atau menciptakan sesuatu sehingga berguna dimasa sekarang. Mungkin ini hanya sebagian dari sejuta ilmuwan yang saya publish di sini.

1.Batang Korek Api
Pada tahun 1680, Robert Boyle dari Inggris menemukan bahwa nyala api dapat dihasilkan dengan segera ketika fosfor digosokkan pada sulfur. Pada tahun 1827, sorang ahli kimia dari Inggris, John Walker menemukan korek api.

2.Foto
Foto diciptakan pada tahun 1500 sejalan dengan kemajuan obscura kamera di Italia (filosof Yunani, Aristoteles). Pada tahun 1727 Johann Schulte, seorang ahli fisika dari Jerman, menemukan bahwa garam perak dapat berubah menjadi gelap jika terkena cahaya.

3.Kamera Polaroid
Edwin H.Land dari Amerika Serikat menciptakan kamera Polaroid pada tahun 1948.

4. Kulkas
Kulkas pertama kali ditemukan oleh Jacob Perkins, orang Amerika Serikat pada tahun 1834.
Pada tahun 1918, Kelvinator memasarkan model yang lebih praktis.

5. Kunci
Kunci anti maling pertama kali diciptakan oleh Joseph Bramah dari Bransley pada tahun 1787. Kunci ini memiliki 479.600 kombinasi yang berbeda-beda.

6. Lampu Tambang
Diciptakan pertama kali oleh Sir Humphry Davy pada tahun 1815.

7. Laser
Merupakan singkatan dari Light Amplification by Emission of Radiation (Penguatan Sinar melalui Pancaran Radiasi). Gagasan pembuat laser disusun oleh para ilmuwan selama tahun 1950-an. Laser dikembangkan dari alat sebelumnya disebut Maser yang digunakan untuk menguatkan gelombang mikro.
Theodore H.Maimon, seorang ilmuwan Amerika Serikat yang mengembangkan laser pertama kalinya pada tahun 1960.

8. Maser
Singkatan dari Microwave Amplification by Stimulated Emission of Radiation (Penguat Gelombang Mikro melalui Emisi Radiasi Tiruan).
Ditemukan oleh Charles H.Townes, ahli fisika dari Amerika Serikat pada tahun 1955.

9. Mikroskop
Sebuah mikroskop memiliki dua system lensa yaitu ojektif dan lensa mata. Mikroskop gabungan ini dibuat oleh ahli pembuat kaca mata dari Belanda yang bernama Lacharia’s Juseen sekitar tahun 1590. Kemudian pada tahun 1600, Antori van Leeuvenhock membuat sebuah mikroskop dengan lensa-lensa yang sangat kuat untuk mengamati makhluk hidup.

10. Mobil
Mobil pertama digerakkan dengan mesin uap dan dibuat oleh orang Perancis yang bernama Joseph Cugnot pada tahun 1769. Kira-kira tahun 1890, mobil listrik pertama dibuat oleh William Morrison.

11. Parasut
Parasut diyakini ditemukan oleh orang-orang cina selama tahun 1100-an untuk melompat dari bangunan-bangunan yang tinggi. Leonard da Vinci, ilmuwan dari Italia, menggambar sketsa parasut pada tahun 1495.

12. Percetakan Litografi
Teknik percetakan Litografi ditemukan oleh Johann Nepomuk Aloys Senefelder.

13. Pintu Putar
Seorang Amerika, Theophilus van Kannel menciptakan pintu putar pertama pada tahun 1888, ia menyebutnya “pintu tak berpintu” Karena selalu terbuka sekalipun ditutup.

14. Pisau Cukur Yang Aman
K.C Gillet meciptakan pisau cukur yang aman.

15. Radio
Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894) menemukan gelombang radio pada tahun 1887. Audio bagian yg tidak terpisahkan oleh radio, di temukan ilmuwan Amerika Serikat, Lee De Forest pada tahun 1907.

16. Reaktor Nuklir
Enrico Fermi dikenal sebagai Bapak Fisika Nuklir karena ia adalah orang pertama yang menemukan reaksi-reaksi berantai.

17. Roket
Roket diyakini telah diciptakan oleh orang-orang Cina pada awal abad Masehi, selama awal tahun 1800-an. Colonel William Congreve dari angkatan bersenjata Inggris, mengembangkan nenek moyang pertama dari roket-roket modern. Roket modern pertama dibuat oleh ilmuwan Amerika Serikat, yang bernama Robert H.Goddard.

18. Senapan Mesin
Pada abad ke-19, Richard Jordan Gatling menemukan “senapan Gatling” pada tahun 1861. Pada tahun 1884, Hiram Maxim dari Amerika Serikat menciptakan senapan mesin otomatis yang pertama.

19. Sepatu Luncur
Sepatu luncur beroda empat (roller skate) yang pertama diciptakan oleh James Leonard Plimpton dari New York pada tahun 1866.

20. Sepeda Motor
Sepeda motor pertama diciptakan oleh seorang insinyur dari Jerman yang bernama Gottlieb Daimler pada tahun 1885.

21. Angka
Angka asalanya dari India. Oleh penduduk India digunakan dalam risalah matematika pada abad ke-6. Sistem angka ini tersebar dari India ke Arab dan dari sana ke Eropa pada abad ke-12.

22. Genetik
Gregor Johann Mendel, seorang pendeta dari Austria, adalah peneliti alam pertama yang memberikan bentuk ilmiah pada genetik.

23. Gravitasi
Benda yang jatuh atau objek tanpa penopang ditekan ke permukaan bumi oleh daya gravitasi. Apabila tidak ada hambatan udara, semua benda jatuh menurut hukum yang pasti. Hukum itu dikenal sebagai hukum benda jatuh, dan pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Italia, Galileo pada tahun 1500-an.

24. Hidrogen
Hidrogen adalah zat kimia yang paling ringan, paling sederhana, dan gas yang paling berlimpah didapatkan di alam ini. Ditemukan oleh Henry Cavendish pada tahun 1776, ahli kimia dari Inggris.

25. Nitrogen
Nitrogen adalah gas yang tidak memiliki warna, rasa, dan bau. Gas tersebut membentuk 78 persen atmosfer. Ditemukan pada tahun 1772 oleh seorang dokter dari Skotlandia yang bernama Daniel Rutherford.

26. Neutron
Pada tahun 1932, ahli fisika dari Inggris, Sir James Chadwick, melalui eksperimennya membuktikan bahwa inti atom berisi partikel-partikel yang tidak bermuatan yang disebut neutron.

27. Logaritma
John Napier, seorang ahli matematika dari Skotlandia yang menemukan metode perhitungan logaritma pada tahun 1953.

28. Neon Gas
Pada tahun 1898, W.Ramsay dan M.Travers memisahkan oksigen dari nitrogen dari udara dan menghasilkan campuran gas-gas yang tipis. Suatu gas yang baru atau “neon” (baru) dihasilkan pada penyaringan campuran gas-gas yang tipis ini.

29. Radiasi Infra Merah
Sir Willliam Herschel menemukan radiasi infra merah pada permulaan abad ke-19.

30. Sinar Cahaya
Sir Issac Newton (1642-1727) pada tahun 1700 menemukan bahwa cahaya terbentuk dari kelompok-kelompok partikel halus yang disebut corpuscle. Calidius Ptolemy pada abad ke-2 menyimpulkan bahwa sinar cahaya membelok ketika memasuki air.

[iframe: src="//www.facebook.com/plugins/follow?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FAbu.Aisyah.Yustiadi&layout=standard&show_faces=true&colorscheme=light&width=450&height=80" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:80px;" allowTransparency="true"]

This entry was posted in iNfo and tagged . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

28 Comments

  1. Posted November 5, 2009 at 1:01 am | Permalink

    Wieh info penting nih, nga repot lagi ngumpulin satu-satu di google. bookmark ah….

  2. Posted November 5, 2009 at 1:29 am | Permalink

    informasi yang menarik mas

  3. Posted November 5, 2009 at 1:30 am | Permalink

    nice post gan 🙂
    .-= Bayi ngeBlog´s last blog ..Ekstensi FireFox untuk Photobucket =-.

  4. Posted November 5, 2009 at 1:31 am | Permalink

    hmm… great post! tercerahkan
    .-= Nyubi Information´s last blog ..Where to Blogwalking =-.

  5. Posted November 5, 2009 at 2:29 am | Permalink

    itu yang nomer 20, Gottlieb Daimler sama dengan yang bikin mobil jaguar itu gak yah?
    .-= bukan facebook´s last blog ..Mereka yang tidak tersentuh! =-.

  6. Posted November 5, 2009 at 3:26 am | Permalink

    31. WordPress
    Ditemukan oleh Matt dan digunakan lebih dari 20juta user hanya dalam kurun waktu 4 tahun! 😀

  7. Posted November 5, 2009 at 4:58 am | Permalink

    Mantabbb … Izin nyimak Gan ..
    Salam hangat selalu …

  8. Founder
    Posted November 5, 2009 at 8:03 am | Permalink

    #Syafwan: Silahkaaann… 😉
    #nyubi: thanks Nyubi…
    #Bayi: seepp.. :kedip:
    #bukan facebook:
    Pabrik Daimler-Benz Jerman (produsen mobil Mercedes-Benz), walaupun menyandang nama Daimler, tapi sudah sejak tahun 1908 tidak lagi memproduksi mobil dengan merk Daimler, karena merk Daimler juga merupakan hak milik pabrikan asal Inggris Jaguar yang membeli merk tersebut dari Gottlieb Daimler (salah satu pendiri DaimlerBenz), sehingga, pihak DaimlerBenz memutuskan untuk merubah nama produknya supaya tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat, beberapa waktu kemudian, Jaguar dibeli oleh Premier Automotive Group (Ford) sementara DaimlerBenz merger dengan Chrysler dan berganti nama menjadi DaimlerChrysler pada thn 1998. Dan pihak Ford (yg notabene merupakan saingan dari GM dan Chrysler) ataupun Jaguar tidak pernah merasa keberatan dengan fakta tersebut, mereka bahkan sampai sekarang masih tetap memproduksi mobil dengan merk Daimler. mudah2an paham, nyari dari web sebelah. 😀

    #jimmo: seeppp….. 32 ada lagi ?? 😆
    #Rizal: salam hangat juga… 😉

  9. Posted November 5, 2009 at 11:46 pm | Permalink

    Ini nih postingan berbobot, bermutu, berimbang 😀 wkwkwkwkwkw. Makasih ya info-nya. Jadi banyak tau nih. Kemarin bingung sapa yang nemuin pesawat terbang yak?

    21. Angka
    Angka asalanya dari India. Oleh penduduk India digunakan dalam risalah matematika pada abad ke-6. Sistem angka ini tersebar dari India ke Arab dan dari sana ke Eropa pada abad ke-12.

    Itu yang keren. Tanpa angka gimana ahli2 Kimia and Fisika ngitung? 😀 :kedip:
    .-= tuteh´s last blog ..Boogie Woogie =-.

  10. Posted November 6, 2009 at 6:05 am | Permalink

    yang no. 5

    kerennn tu .. kunci anti maling

  11. Posted November 6, 2009 at 9:39 am | Permalink

    Ohoho postingan ringan namun bermanfaat. Thanks
    .-= Potter.Web.ID´s last blog ..Gratis Download Software XNView (Picture Browser) =-.

  12. Posted November 7, 2009 at 2:32 am | Permalink

    tengkyu gasan nambah info
    .-= soulharmony´s last blog ..Sembiring, Suryo, Soulharmony =-.

  13. Posted November 7, 2009 at 3:34 am | Permalink

    yus boleh kah diriku memberi saran??? gmana kalo judulnya penemuan2 aja, soalnya kalo “ciptaan” hanya milik Tuhan Yg Maha Esa 🙂
    .-= liew267´s last blog ..PR 1 =-.

  14. Posted November 7, 2009 at 4:27 am | Permalink

    :cambuk: met wikeeeeeennn :love:
    .-= tuteh´s last blog ..Confused For A Moment =-.

  15. Founder
    Posted November 7, 2009 at 8:58 am | Permalink

    #Tuteh: jadi yg kemaren2 ga berbobot ?? :marah:
    selamat week_end juga deehh.. 😉
    #Nia: para maling ga akan suka dengan Joseph Bramah ya.. 😛
    #Potter: thanks juga deh…hanya berbagi informasi saja..
    #Soulharmony: oke deh Bro… 😉
    #liew267: wew..saya tidak berpikir sampe sejauh itu… :plis:
    thanks atas sarannya, ditampung hee

  16. Posted November 9, 2009 at 5:05 am | Permalink

    nice post, baru tahu saya juga
    salam,
    .-= andif´s last blog ..Buah Nangka =-.

  17. Posted November 10, 2009 at 3:16 am | Permalink

    Wah menarik sekali tapi diantara penemuan tersebut adakah yang kita rasakan bukannya menguntungkan malah banyak merugikan..?
    .-= Deka´s last blog ..Pindah… =-.

  18. Posted November 11, 2009 at 2:52 pm | Permalink

    yang menemukanku adalah kedua orang tuaku., hohohoho., 😀
    .-= ichan-rizkan.com´s last blog ..Dampak Negatif Pemakaian Obat yang Tidak Rasional =-.

  19. Posted November 11, 2009 at 3:47 pm | Permalink

    hihi..
    woi!! update! update! 😛 8)

  20. Posted November 11, 2009 at 7:17 pm | Permalink

    Maaf OOT nie Om, sekarang dah tanggal berapa ya..??? heheh. PEACE
    .-= Deka´s last blog ..Pindah… =-.

  21. Founder
    Posted November 12, 2009 at 8:45 am | Permalink

    #andif: salam balik
    #Deka: saya rasa ada…
    iya nih..masih belum mood nulis.. :hammer:
    #ichan: berarti anda tersesat dimana ?? :ngakak
    #oes: iya booss…bentar lagi :malu

  22. Posted November 12, 2009 at 10:36 am | Permalink

    jadi inget lagu di masa kecil. judulnya pelangi, inget nggak?

  23. Posted November 13, 2009 at 10:29 am | Permalink

    wah kaskuser yah….
    :cendolbig :cendolbig :cendolbig
    .-= balita´s last blog ..Kaskus Emotion Gan =-.

  24. Posted November 14, 2009 at 2:53 am | Permalink

    ooo…. penemuan yaaa…. wid nemu uang seratus rupiah djalan nie… 😉 hehehe…

    keren potingan na…

  25. Posted November 15, 2009 at 3:30 pm | Permalink

    kl hari ini, mungkin hal baru yg blm ditemuin itu udah tinggal sedikit ya.. yg ada inovasi dari barang yg udah ada. mungkin loh :mrgreen:
    .-= elia bintang.´s last blog ..ini dia… pemenang kopdar tusuk gigi! =-.

  26. Founder
    Posted November 16, 2009 at 3:17 am | Permalink

    #Ami: Pelangi dimatamu ?? :gila:
    #Balita: Thanks Gan Cendolnya :malu
    #Benkyo: duit siapa tuh ?? hayooo kembalikan pada yg punya he..
    #Elia: betul bangeett… :iloveindonesia

  27. Posted November 22, 2009 at 2:29 pm | Permalink

    wah baru tau nih…………….

    titip link ah
    Prediksi Togel

  28. Posted December 26, 2009 at 1:45 pm | Permalink

    Don’t be like that Jordan. You made a huge impact with your speech, greater than you possibly know. About the series …

Leave a Reply

  • Poin Ceramah

    [Seputar Ramadhan] Pengertian Dan Perbedaan قيام، قيام رمضان، قيام الليل، تهجد? - Ust Adi Hidayat

Get Adobe Flash player