Obat Nyeri dan Migrain..

Share

Oke guys kali ini gua akan ngebahas, berbagi info, mengenai bahasan Kesehatan sesuai basic keilmuan gua yg udah kuliah dibidang farmasi. Sebelum2 nya postingan gua mengenai dunia IT hehehe… πŸ˜€

Kali ini gua mencoba memberikan info mengenai Obat Nyeri Kepala dan Migrain..kalau ada yg keliru mohon koreksinya ya guys.. πŸ˜‰

sakitkepala
Kita mulai dari dasarnya dulu guys.. πŸ˜‰
Nyeri kepala kerapkali merupakan suatu keluhan tambahan pada demam tinggi, seperti pada influenza/pilek. Nyeri ini biasanya tidak bertahan lama dan lenyap sendiri bila infeksi sembuh. (mungkin disini tubuh sudah mulai memperbaiki diri).. πŸ˜€

Guys !., Kita harus waspada terhadap jenis-jenis nyeri kepala tertentu, misalnya nyeri yang disertai muntah-muntah
pikiran butek dan tengkuk kaku,, sehingga bagian dagu tidak bisa ditundukkan sampai ke dada. Gejala-gejala ini
menunjukkan kemungkinan adanya radang selaput otak (meningitis), yang terutama menghinggapi anak-anak kecil. Bila infeksi ini tidak segera diobati oleh dokter (misalnya dengan antibiotika), maka tak jarang bersifat fatal… πŸ™

Mengenai Jenis-jenis Nyeri kepala, bagaimana nyeri kepala terjadi, dan sebagainya dapat dilihat di Sini.

Gua langsung ke bagian bagaimana swamedikasi (pengobatan yg dapat dilakukan sendiri oleh sipasien) mengobati nyeri kepala..

  1. Nyeri Kepala, ketegangan serta nyeri kepala pada salesma dan flu dapat dilawan secara efektif dengan menggunakan asetosal atau parasetamol, bila perlu diperkuat dengan minum kopi.. Jangan lupa sesuaikan pemakaian dosis asetosal atau parasetamol tersebut biasanya maskimal 1 kali pemakaian sehari pada Parasetamol dan asetosal secara oral pada orang dewasa ialah 4000 mg (Tjay, 2002).
  2. Kofein (terdapat pada kopi) memperkuat daya kerja kedua obat antinyeri tersebut.
  3. Obat lain yg dapat digunakan, misalnya asam mefenamat, metamizol (hati-hati dengan efek samping), dan propifenazon (hati-hati dengan efek samping).

Mengenai seluk beluk apa itu Migrain dapat dilihat di sini.
Yang kedua bagaimana swamedikasi migrain.
Serangan yang tidak begitu hebat seringkali dapat dihentikan secara efektif dengan kombinasi dari suatu obat antimual dan zat antinyeri, bila diminum sedini mungkin setelah timbulnya serangan.

  1. Minum tablet antimual O.W.A (Obat Wajib Apotek), yakni metoklopramida dengan efek meningkatkan gerakan-gerakan lambung, yang selama serangan sangat terhambat.
  2. Setengah Jam kemudian diminum 2 tablet asetosal atau 2 tablet parasetamol (gua anjurkan parasetamol), sesuaikan dosis agar tidak melebihi batas maksimal. Efek samping yang mungkin pada obat migrain ini ialah gelisah dan rasa kantuk. Dapat pula menimnulkan keluhan-keluhan lambung-usus dan gemetar, terutama pada anak kecil.
    Setelah minum obat-obat ini, penting agar penderita berbaring/istirahat. Penderita yang sudah mual dan tidak dapat minum obat tersebut melalui mulut, dapat menggunakannya secra rektal dalam bentuk suppositoria.

Perlu di ingat untuk pemakaian Obat disesuaikan dengan Dosis.
Tanya Apoteker untuk mempermudah penggunaan obat yang rasional.
.
πŸ˜‰

This entry was posted in Farmakologi, Kesehatan, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

57 Comments

  1. Posted October 10, 2009 at 9:03 am | Permalink

    Pertamaxxxxxx………. heeeee……… weh…. ahli Farmasi nich Mas … boleh dong sewaktu2 ada hal2 penting kita konsultasi ….. (ngarep…heeeee) kalau saya dari dulu malah jarang minum obat2an, kalau kena flu atau gejala2 flu, greges2 buru2 minum jamu spt Sido Muncul Air, Mancur bahkan sampai Jamu Gendongan and Jamu Rebusan dari akar2an kalo kata orang jawa Jamu Godogan ….. waaahhh tradisional and “ndeso” banget aku yaaaa….. habis minum obat2an dari apotek takut dosis tinggi and ketergantungan kira2 tepat gak yaaa … kebiasaan saya ini walaupun minumnya hanya kadang2 sih paling seminggu atau 2 minggu sekali.

  2. Posted October 10, 2009 at 9:20 am | Permalink

    ah… ga juga Mas… πŸ™‚
    kalo ahli Farmasi yg afdholnya nyelesein profesi Apoteker/farmasis (4 tahun kuliah difarmasi baru lanjut program 1 tahun profesi).
    nah kalo saya masih lulusan Sarjana Farmasi..,hee….

    tindakan Mas memang bagus, kadang2 orang kalo dah kena Flu bawaanya pengen langsung minum obat (padahal dengan istirahat yg cukup plus vitamin, insyaAllah sembuh), mungkin yg ga tahan dari mereka itu gejala Flunya… πŸ˜‰

    kalo minumnya sesuai ma dosis (takaran obat) yg diberikan, ga bakalan ketergantungan Mas… yakiin deh…. πŸ˜‰

  3. Posted October 10, 2009 at 12:02 pm | Permalink

    Biasanya saya pakai untuk tidur. Soale lambung saya kurang bisa berkompromi terhadap beberapa jenis obat.

  4. Posted October 10, 2009 at 12:51 pm | Permalink

    berkunjung

  5. Posted October 10, 2009 at 2:13 pm | Permalink

    sedikit tambahan sahabat jangan terlalu banyak mikir yang berat-berat

  6. Posted October 10, 2009 at 2:15 pm | Permalink

    satu faham kita sahabat, mari kita jayakan blog2 yang mengupas masalah kesehatan

  7. Posted October 10, 2009 at 2:16 pm | Permalink

    Nice info bos.
    sekalian mau mengantarkan Award persahabatan.
    diambil di rumah ya?…

  8. Posted October 11, 2009 at 5:25 am | Permalink

    untuk obat Jenis apa aja Mas ??

    Tidur, terapi yg bagus… πŸ˜‰

  9. Posted October 11, 2009 at 5:26 am | Permalink

    silahkan,… πŸ˜›

  10. Posted October 11, 2009 at 5:27 am | Permalink

    siipp….
    saran yg bagus..
    thanks.. πŸ˜‰

  11. Posted October 11, 2009 at 5:28 am | Permalink

    Oke !!….
    Mari kita tingkatkan kesehatan Mayarakat Indonesia Menuju Indonesia Sehat 2010 melalui situs/web/forum/blog2 πŸ™‚

  12. Posted October 11, 2009 at 5:29 am | Permalink

    sama-sama πŸ˜‰
    ah yang bener nih ??

    Menuju TKP

  13. Posted October 11, 2009 at 6:15 am | Permalink

    infonya telah saya catat…
    thanks ya…

  14. Posted October 11, 2009 at 6:21 am | Permalink

    Terimkasih paparannya sangat menambah untuk P3K di rumah..
    and saya biasa sediakan Pracetamol aja,buat jaga-jaga.Kalo untuk menahan nyeri sedia Antalgin ,btw kalo keseringan katanya ganggu ginjal ya…?
    And tambah lagi sobat ahli kesehatan ,setelah sobat sehat..
    Mantapps

  15. Posted October 11, 2009 at 6:23 am | Permalink

    Salam kenal di kunjungan pertama ini,,,
    Terimakasih telah berbagi

  16. Posted October 11, 2009 at 7:20 am | Permalink

    Kebetulan nich lg migrain jg..uuh btp gk enak ya pny penyakit…denyut…denyuuuuut…

  17. Posted October 11, 2009 at 7:22 am | Permalink

    Wah bakal seru nih, ada penyewaan kendaraan nih kang

  18. Posted October 11, 2009 at 1:08 pm | Permalink

    terima kasih… πŸ˜‰
    salam kenal….

  19. Posted October 11, 2009 at 1:09 pm | Permalink

    asalkan sesuai ma dosis pemakaian Mas… πŸ˜›
    thanks udah mampir..,
    tetep jaga selalu kesehatan dengan banyak olahraga… πŸ˜‰

  20. Posted October 11, 2009 at 1:10 pm | Permalink

    sama-sama… πŸ˜‰

  21. Posted October 11, 2009 at 1:11 pm | Permalink

    sudah berapa Lama Mas ??
    langkah awal., istirahat aja dulu mas., kalo ga mempan baru deh diobatin…
    mudah2n lekas sembuh ya… πŸ™‚

  22. Posted October 11, 2009 at 1:12 pm | Permalink

    Maskudnya ???
    ora mupeng Mudeng nih… hehehe πŸ˜€

  23. Posted October 11, 2009 at 2:24 pm | Permalink

    Info bagus nih, sayangnya saya termasuk yg paling males ke dokter maupun minum obat tanpa resep dokter. Kecuali kalau bener2 drop.

  24. Posted October 11, 2009 at 2:27 pm | Permalink

    waahh…. masnur tipe-tipe pemberontak nih πŸ˜€

  25. Posted October 11, 2009 at 3:50 pm | Permalink

    Waaah.. aku kada ngerti πŸ˜› Memang lain pang mun sarjana ni πŸ˜€

  26. Posted October 11, 2009 at 4:03 pm | Permalink

    gayyyaaa πŸ˜€
    situ kan Ahlinya pengobatan Migrain… πŸ˜›

  27. Posted October 11, 2009 at 4:59 pm | Permalink

    bagaimana kabarmu kawan

  28. Posted October 11, 2009 at 5:01 pm | Permalink

    awas kebnyakan mudeng bisa migrain

  29. Posted October 11, 2009 at 5:13 pm | Permalink

    alhamdulillah masih Bisa Online maen poker, mafiawars … πŸ˜€

  30. Posted October 11, 2009 at 5:14 pm | Permalink

    hehehee…..
    “di vaksin” aja… πŸ˜›

  31. Posted October 11, 2009 at 10:24 pm | Permalink

    informatif sekali bro, salam.

  32. Posted October 11, 2009 at 11:16 pm | Permalink

    jadi, minum parasetamol dibarengi kopi, malah membuat efek yg lebih baik gitu ya Mas ?
    terima kasih utk infonya ya……….
    Salam.

  33. Posted October 12, 2009 at 12:42 am | Permalink

    cocock banget .. soalnya saya sering sakit kepala .. heeee

  34. Posted October 12, 2009 at 1:02 am | Permalink

    salam kenal juga …
    thanks… πŸ˜‰

  35. Posted October 12, 2009 at 1:13 am | Permalink

    Ya..
    karena didalam Kopi ada Zat yg namanya Koffein.. πŸ˜‰
    itu memberikan efek sinergis pada paracetamol.,
    jadi kerja obat tersebut cepat.. πŸ™‚

  36. Posted October 12, 2009 at 1:15 am | Permalink

    bnyak kerjaan ya Mbak jadi sakit kepala ?? hehe
    jgn lupa ma istirahatnya juga.. πŸ˜‰

  37. Posted October 12, 2009 at 2:31 am | Permalink

    woh, ahli farmasi toh, mantep, gan
    saya alhamdulillah gak pernah kena migrain,
    rata2 juga karena kebanyakan fikiran,
    saya sih jarang pake mikir hhehehe
    salam !

  38. Posted October 12, 2009 at 3:07 am | Permalink

    nyeri dan migran..??

    wah untungnya masih dalam keadaan sehat,,

    migran ituh yg suka sakit kepala sebelah kan yah..??

    klu yg itu pernah… tp ga tau deh kepala gw pusing sebelah itu masuk ke gol. migran atau bukan

  39. Posted October 12, 2009 at 9:03 am | Permalink

    biasanya Migrain terjadi beberapa jam disertai perasaan senut senut yg hebat di bagian sebelah Kepala, trus perasaan mual..pkoknya ga enakin deh,,, hehe

    kalo mo lebih akurat, diagnosa ke dokter aja Om… πŸ˜€
    tp saran gua mending istirahat aja dulu.., kale aja sembuh.. πŸ˜‰

    thanks atas kunjungannya… πŸ™‚

  40. Posted October 12, 2009 at 9:14 am | Permalink

    waah.. selamat ya ga pernah migrain… πŸ˜‰
    Pantesaaannn…. hiihihihi πŸ˜€

    salam balik..

  41. Posted October 12, 2009 at 12:25 pm | Permalink

    Salam kenal, Bung. Jadi mikir nih ama meningitis, pernah mengalami gejala2 yang ditulis di atas.

  42. Posted October 12, 2009 at 12:50 pm | Permalink

    oh ya ?? :O
    waahh… segera periksa ke dokter aja Mas.. πŸ˜‰

    salam kenal juga..

  43. Posted October 12, 2009 at 3:13 pm | Permalink

    Emmm…Nganuu..

  44. Posted October 13, 2009 at 12:31 am | Permalink

    Migrain ya ?? πŸ˜†

  45. Posted October 13, 2009 at 4:54 am | Permalink

    saya termasuk orang yang menghindari meminum obat, artinya, saya akan minum obat dalam keadaan terpaksa, spt sakit parah dlsb.
    tapi kalo sakit biasa aja spt pilek, pusing, dll..
    saya coba istirahat aja..
    πŸ˜‰

  46. Yep
    Posted October 13, 2009 at 8:27 am | Permalink

    Apakah parasetamol + kopi tidak membuat tambah pusing ? πŸ™‚

  47. Posted October 13, 2009 at 11:04 am | Permalink

    tindakan Mas Orido memang bener….
    kalo istirahat sudah membaik., ngapain minum obat .. hehehe

    terima kasih atas kunjungannya… πŸ˜‰

  48. Posted October 13, 2009 at 11:08 am | Permalink

    selama beberapa dekade ini.., tidak menambah pusing., akan tetapi malah lebih baik menambah kerja paracetamol…
    karena didalam kopi terdapat koffein.., πŸ˜‰

  49. Posted October 14, 2009 at 12:30 pm | Permalink

    nyong. link-kan pank ke postinga ku yg “nyeri dan obatnya” hehe \^^/

  50. Posted October 14, 2009 at 9:57 pm | Permalink

    Maaf om baru bisa berkunjung, kemarin2 agak kurang sehat. dan secara kebetulan juga sakit saya kemarin berhubungan dengan postingan ini Yaitu aktifitas minum kopi. Saya baru tahu bahwa ngopi juga bisa membantu menghilangkan Nyeri Kepala, salesman dan flu. Terima kasih atas infonya Om…..

  51. Posted October 14, 2009 at 10:49 pm | Permalink

    gua Liat dulu.. πŸ˜›

  52. Posted October 14, 2009 at 10:50 pm | Permalink

    semoga cepet sembuh aja dah…..
    kebanyakan OL nih… hehehe πŸ˜€

  53. Posted October 15, 2009 at 12:35 am | Permalink

    Iya nie kebanyakan OL mungkin,
    soalnya libur kuliahnya terlalu banyak sich, jadi kadang bingung mau ngapain, he…

  54. Posted October 15, 2009 at 10:08 am | Permalink

    Thx infonya πŸ™‚

  55. Posted October 15, 2009 at 2:19 pm | Permalink

    sama sama…. πŸ˜‰

  56. Posted October 31, 2009 at 7:45 pm | Permalink

    minum habbatussauda
    Mengobati segala penyakit

  57. Posted December 5, 2013 at 7:23 am | Permalink

    terimakasih sarannya,,

Leave a Reply

  • Poin Ceramah

    [Seputar Ramadhan] Pengertian Dan Perbedaan Ω‚ΩŠΨ§Ω…ΨŒ Ω‚ΩŠΨ§Ω… Ψ±Ω…ΨΆΨ§Ω†ΨŒ Ω‚ΩŠΨ§Ω… Ψ§Ω„Ω„ΩŠΩ„ΨŒ ΨͺΩ‡Ψ¬Ψ―? - Ust Adi Hidayat

Get Adobe Flash player