Pelanggaran HAM, Menurut Kamu ?

Share

Sepuluh Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia. Berbicara mengenai HAM terlihat begitu Dalam makna nya, jelas saja ini menyangkut kehidupan manusia. Kalo dalam istilah Formalnya, menurut UU No.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, adalah hak dasar secara kodrati melekat pada diri manusia, bersifat universal dan langgeng. Oleh karena itu harus dilindungi, dihormati, dipertahankan, dan tidak boleh diabaikan, dikurangi atau dirampas oleh siapa pun. *berasa kembali ke zaman kuliah* ๐Ÿ˜•

Kapanpun dan di manapunย  selalu saja ada macam pelanggaran HAM, layaknya peraturan yang dibuat selalu dilanggar oleh si pelanggar. Pelanggaran HAM dapat diartikan setiap perbuatan seorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik di sengaja maupun tidak sengaja, atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi,membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini, dan tidak mendapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku. *ahh…pening euy bicara masalah HUKUM*. โ“

Kalo di Lingkungan sekitar kita, mungkinkah kita menyadari sering melanggar HAM ??. Banyak!. yaa misalnya saja gosipin temen, baik di dunia nyata atau dunia Online (kayak di pesbuk atau di twitter).ย  Secara itu seru banget, tetapi selangkah lagi bisa membuat kita sebagai pelaku bullying atau cyber-bullying. *nah lo dapat kata-kata darimana saya ini*. ๐Ÿ˜Ž

Ada juga nih, Merokok diantara teman-teman yang tidak merokok.,brrr… langsung kambuh aja itu asmanya. yeaahh, walaupun saya dulunya begitu hihihi (sudah tobat kok) ๐Ÿ˜› . Menyerobot antrean orang lain, konon sang penyerobot ini bakal jadi benih-benih koruptor yang tega menyerobot hak hidup yang lebih baik dari generasi penerus. Bersikap, berpandangan atau bertindak deskriminatif, misalnya gak mau boncengin teman lantaran gak ganteng, gak cantik lah, atau karena beda agama *fanatik ni ceritanya*. ๐Ÿ™„

Kalo zaman dulu sering anak SMA atau remaja naek motor ugal-ugalan ngebut di jalan raya, ini jelas melanggar HAM para pengguna jalan raya lainnya. Zaman sekarang masih ga ya ?, soale sekarang jarang liat anak SMA lagi, tua an dikit laah..*Loh*.

Dari sekian contoh pemaparan diatas yang berbau atau bahkan melanggar HAM, mungkin ada dari Anda pernah mengalami lebih tinggi levelnya dari contoh diatas.
hihihi..semoga saja gak yaa.. ๐Ÿ˜ˆ

Hmmm… So What do you think about Pelanggaran HAM ?

This entry was posted in Umum and tagged , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

One Comment

  1. Posted December 5, 2013 at 8:43 am | Permalink

    tapi kata-kata HAm sepertinya seling salah penerapan.Orang-orang yang benar-benar bersalah tetap di bela mati-matian mengatasnamakan HAM

One Trackback

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Subscribe to Blog via Email

    Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Get Adobe Flash player